Minggu, 19 Oktober 2014

Profil DKM Ar-Rahmah


DKM Ar-Rahmah merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Bogor yang bergerak di bidang kerohanian Islam yang bertujuan menciptakan kehidupan Madani di SMA Negeri 1 Bogor. DKM Ar-Rahmah terdiri dari lima departemen, yaitu:

Departemen Dakwah Umum
Merupakan departemen yang bergerak dalam bidang dakwah yang ditujukan untuk masyarakat luas secara langsung. Peran dari departemen Dakwah Umum sangatlah penting dalam aktivitas dakwah di lingkungan sekolah. Beberapa program yang dilaksanakan oleh departemen Dakwah Umum antara lain, melaksanakan tadarus pagi, memantau mentoring kelas, menyebarkan LINE tausiyah, dan masih banyak lagi. 

Departemen Tarbiyah
Merupakan departemen yang lebih terfokus dalam pembinaan pengurus DKM dalam rangka memperdalam ilmu agama yang diperlukan dalam berdakwah. Pembinaan pengurus DKM sangatlah penting agar pengurus DKM lebih siap untuk berdakwah karena memiliki ilmu agama yang dalam dan mad'unya pun bisa beribadah sesuai dengan syari'at. Contoh program yang bertujuan untuk membina pengurus DKM adalah mengadakan uji parameter keislaman untuk pengurus DKM, menerbitkan lembaran dakwah aqidah dan fiqih, dan memantau kondisi keislaman pengurus DKM.

Departemen Informasi dan Komunikasi
Departemen ini bergerak di bidang dakwah melalui media, baik itu media cetak, maupun media sosial lainnya. Salah satu alasan mengapa departemen Informasi dan Komunikasi dibentuk adalah untuk memperluas syiar Islam melalui media komunikasi yang saat ini sedang berkembang pesat. Program yang dilaksanakan oleh departemen Informasi dan Komunikasi lebih banyak menggunakan media dalam menjalankan dakwahnya, seperti penerbitan buletin Jumat Al-Mishbah, penerbitan visual di Twitter, berdakwah secara interaktif melalui ask.fm, dan juga membuat materi dakwah di blog ini.

Departemen Rumah Tangga
Adalah departemen yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan kerapian musholla sekolah dan sekretariat DKM. Departemen ini sangatlah berperan untuk membuat pengguna musholla merasa nyaman ketika melakukan kegiatan beribadah di musholla dan juga mengelola uang hasil infaq dari jamaah untuk kepentingan umat. Departemen Rumah Tangga juga mengurus perpustakaan DKM yang berfungsi menyimpan buku-buku referensi agama Islam.

Departemen Dana Usaha
Departemen ini bisa dibilang menjadi salah satu sumber pemasukan kas DKM. Departemen ini biasanya menjual makanan ringan yang disebar ke kelas-kelas, kemudian keuntungannya dimasukkan ke dalam kas DKM, dipakai untuk biaya operasional acara insidentil, atau digunakan untuk acara bakti sosial.

Filosofi Lambang

Di lambang DKM ini, terbentuk delapan segi yang berarti bahwa sejauh ini, DKM telah memiliki delapan departemen (sekarang lima departemen) yang secara struktural dan fungsional memiliki peran dan tugasnya masing-masing, namun tetap saling bekerja sama dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Gambar bulan serta bintang melambangkan kekuasaan dan keesaan Tuhan, yakni Allah Subhanahuwata’ala.

Warna putih pada dasar menunjukkan kesucian dan keikhlasan niat dalam mengemban setiap amanah, sedangkan warna hitam melambangkan keteguhan hati di jalan dakwah.

Tulisan DKM Ar-Rahmah dan SMA Negeri 1 Bogor merupakan identitas dan domisili dari organisasi religi ini. Pola-pola yang rumit menggambarkan jalan dakwah yang panjang serta penuh dengan hambatan dan rintangan, namun dilihat dari gambar tersebut pun dapat menunjukkan sudut pandang atau pola pemikiran yang lain yang apabila kita melihatnya dengan ikhlas akan terasa sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar