Sabtu, 07 November 2015

Sopan Terhadap Sesama Muslim

Sopan adalah suatu sikap atau tingkah laku yang ramah terhadap orang lain, sopan santun juga dapat di pandang oleh suatu masyarakat mungkin sebaliknya masyarakat juga dapat di pandang oleh masyarakat lain. Sesama muslim kita harus saling menghormati maka dari itu kita harus menerapkan sikap sopan dan santun terhadap satu sama lain. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita dapat menerapkan sifat sopan ini untuk menghormati muslim lainnya, yaitu :



1. Memberdayakan salam
“Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada lima yaitu: Apabila bertemu berilah salam kepadanya, mengunjungi apabila orang (muslim) sakit, mengantarkan jenazahnya apabila orang (muslim) meninggal dunia, memenuhi undanganya apabila mengundang, dan mendoakannya apabila orang (muslim) bersin.” (HR. Bukhari dan Muslim).
“Kebajikan yang paling cepat pahalanya ialah berbakti dan mengokohkan silaturahmi. Dan kejahatan yang paling cepat siksanya ialah kezhaliman dan memutuskan tali kekerabatan.” (Hr. Ibnu Majah).

           2. Tidak Menghina Sesama Muslim
Seorang muslim adalah saudara kepada sesama muslim lainnya, tidak boleh dikhianati, tidak boleh didustai dan tidak boleh dibiarkan dihina orang. Semua hak seorang muslim kepada sesama muslim lainnya, haram kehormatanya, harta kekayaan dan darahnya. Taqwa adalah di sini (Rasulullah saw sambil menunjuk dada) cukup bagi seseorang termasuk dalam suatu kejahatan, kalau ia menghina saudaranya sesama Muslim.” (HR. Tirmidzi).

            3. Tolong Menolong Dalam Kebaikan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَائِدَ وَلَا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنْ رَبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ [٥:٢]
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidil haram, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Al-Maidah : 2).              

Publisher : Inkasi (Informasi & Komunikasi)
DKM Ar-Rahmah, SMA Negeri 1 Bogor
Source : http://arikusriyah.blogspot.co.id



1 komentar: